Sabtu, 01 Agustus 2009

Macam-macam Pekerjaan Manusia Untuk Memenuhi Kebutuhan Hidup

Oleh: Mesya Afifah Pratiwi
Kelas: 7a
SMP Taruna Bakti

Manusia merupakan mahluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna dan istimewa dibandingkan dengan mahluk lainnya. Manusia disebut mahluk yang mampu berpikir (homo sapiens) dan mahluk yang percaya pada tuhan (homo religios). Manusia juga disbut sebagai mahluk sosial homo socius) manusia ekonomi (homo economius). Manusia menjadi mahluk sosial dan mahluk ekonomi karena manusia membutuhkan sesuatu. Dari muali pendidikan, makanan, tempat tinggal, pakaian, dan juga hal-hal lain yang wajib dipenuhi untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Untuk memenuhi kebutuhan hidup, manusia bekerja bebagai bidang.

Berikut ini adalah contoh berbagai macam pekerjaan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka:


1. Guru: Guru bergerak di bidang pendidikan. Guru adalah pekerjaan yang mulia. Guru adalah pahlawan tanpa tanpa jasa, dia mengajari para murid tanpa pamrih. Guru memberikan ilmu yang sangat bermanfaat bagi kita semua. Ada guru yang memiliki gaji besar adapun yang kecil, meski mereka mendapatkan gaji yang kecil mereka tetap semangat mendidik murid-muridnya yang telah menanti mereka di kelasnya masing-masing. Adapun guru honorer yang kebanyakan bernasib kurang baik, mereka di gaji kecil dan mereka denga sabar menunggu diangkat menjadi Pegawai Negri Sipil (PNS). Guru adalah orang tua kita di sekolah.
2. Kuli: Kuli adalah pekerjaan yang sering dianggap remeh oleh sebagian masyarakat, karena pekerjaan itu biasa dilakukan oleh orang-orang yang pendidikannya kurang baik. Padahal sebenarnya kuli adalah pekerja yang hebat. Dia rela bekerja keras, seperti mengankat batu bata, mengaduk semen, sampai pekerjaan berat lainnya, semua itu hanya dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya. Dan hasil dari kerja keras mereka adalah uang yang jumlahnya tak seberapa. Padahal kulilah yang bekerja membangun bangunan dengan susah payah.
3. Dokter: Dokter dalah pekerjaan di bidang kesehatan. Dokter adalah pekerjaan yang sangat bertanggung jawab atas nyawa pasiennya. Dokter harus berhati-hati dalam bekerja, karna jika salah sedikit dapat menanggung akibat yang fatal. Dokter biasanya memiliki asisten yang disebut juga sebagai perawat. Dokter terkadang harus bersabar dalam menghadapi pasien yang keras kepala dan juga yang sangat sensitif.
4. Pembantu Rumah Tangga: Pembantu adalah pekerjaan yang kurang dihargai. Pembantu memangterkadang menyebalkan, tapi lihatlah sisi positif dari pembantu itu, dia mau membantu kita membereskan rumah kita.
5. Polisi: Polisi adalah pekerjaan yang mulia, polisi mengamankan kota atau bahkan Negara. Polisi bertugas membenahi perilaku masyarakat.
6. Pedagang: Pedagang adalah sebutanbagi orang yang berdagang. Berdagang banyak dilakukan oleh masyarakarakat di dunia. Dari mulai dagang kecil-kecilan hingga yang sangat besar. Mereka berdagang dimana saja. Berdagang dilakukan oleh orang miskin, sederhana, kaya.
7. Petani: Petani adalah sebutan bagi orang yang bercocok tanam bahan pokok makanan manusia. Di Indonesia banyak sekali petani. Petani sangat berjasa menanam kan makanan untuk kita

1 komentar: