Sabtu, 01 Agustus 2009

Usaha - usaha Manusia Untuk Memenuhi Kebutuhan Hidupnya

Oleh : Jessica Armelia Yusuf

Kelas : 7A

Manusia selalu membutuhkan dan bergantung pada orang lain untuk memenuhi kebutuhannya. Oleh karena itu, manusia disebut mahluk sosial (homosocius). Manusia perlu berusaha untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Kebutuhan hidup baik berupa sandang, pangan, papan, pendidikan, hiburan, dan lainnya. Kebutuhan manusia banyak dan beraneka ragam, bahkan tidak hanya beraneka ragam tetapi bertambah terus tidak ada habisnya. Satu kebutuhan telah Anda penuhi, tentu akan datang lagi kebutuhan yang lainnya. Dalam menjalani kehidupan, manusia membutuhkan berbagai jenis dan macam barang-barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhannya. Manusia sejak lahir hingga meninggal dunia tidak terlepas dari kebutuhan akan segala sesuatunya. Untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan diperlukan pengorbanan untuk mendapatkannya. Contoh kebutuhan manusia berdasarkan sifat adalah Kebutuhan Jasmani / Kebutuhan Fisik dan Kebutuhan Rohani / Kebutuhan Mental.

Berikut adalah contoh pekerjaan atau usaha – usaha manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya :

1. Nelayan

Nelayan adalah istilah bagi orang-orang yang sehari-harinya bekerja menangkap ikan. Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya seorang nelayan pergi mencari ikan ke laut. Ikan hasil tangkapannya sebagian besar ia jual ke pasar sedangkan sebagian kecil dia gunakan untuk kebutuhan lauk pauk di rumah. Uangyang didapat dari penjualan ikan dia gunakan untuk memenuhi kebutuhan lain misalnya beras, bahan bakar, dan kebutuhan sehari – hari lainnya. Nelayan pergi ke hutan mencari kayu untuk membuat rumah dan bahan bakar.

2. Petani

Petani adalah seseorang yang bergerak di bidang bisnis pertanian utamanya dengan cara melakukan pengelolaan tanah dengan tujuan untuk menumbuhkan dan memelihara tanaman (seperti padi, bunga, buah dan lain lain), dengan harapan untuk memperoleh hasil dari tanaman tersebut untuk di gunakan sendiri ataupun menjualnya kepada orang lain. Pada saat musim panen, sebagian besar petani selalu menjual hasil panennya ke pasar sedangkan sebagian kecilnya untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari. Selain memenuhi kebutuhannya terkadang hasil panennya dijadikan bibit agar ditanam kembali dan menjadi tanaman baru. Itu adalah salah satu usaha para petani.

3. Supir

Supir adalah seorang pengemudi profesional yang dibayar untuk mengemudi suatu kendaraan. Dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, setiap hari seorang supir harus mengemudi sebuah kendaraan sesuai dengan perintah majikannya. Supir dibagi dalam dua kelompok yaitu supir pribadi dan supir perusahaan yang bekerja untuk perusahaan angkutan penumpang umum seperti taksi, bus, ataupun angkutan barang. Supir angkutan umum membutuhkan persyaratan yang lebih kompleks karena menyangkut jumlah penumpang yang lebih banyak dan waktu mengemudi yang lebih panjang. Untuk itu persyaratan supir adalah:

  • Surat Ijin Mengemudi Umum sesuai dengan golongan kendaraan yang digunakan.
  • Waktu kerja dan istirahat
  • Tata krama dalam memberikan pelayanan kepada penumpang
  • Kesehatan yang prima.

Tentunya pekerjaan ini adalah usaha para supir untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Tetapi, menjadi supir tentu ada resikonya. Salah satunya adalah kecelakaan lalu lintas.

4. Arsitektur

Arsitektur, adalah seorang ahli di bidang ilmu arsitektur, ahli rancang bangun atau ahli lingkungan binaan. Dalam memenuhi kebutuhan hidupnya seorang arsitek harus merancang bangunan atau rumah sesuai dengan permintaan konsumennya. Menjadi arsitek tidaklah gampang. Seorang arsitek harus mempunyai keterampilan dan kreativitas. Tidak semua orang bisa menjadi arsitek.

5. Polisi

Polisi adalah suatu pranata umum sipil yang mengatur tata tertib (orde) dan hukum.

Ada beberapa macam polisi contohnya adalah polisi lalu lintas, kriminal, narkoba, dan lainnya. Polisi lalu lintas biasanya menangani kejadian di sekitar lalu lintas misalnya mengatur jalur lalu lintas agar tidak macet. Polisi criminal tugasnya adalah menangani orang – orang yang terlibat kriminalitas misalnya pembunuhan, pengeboman, dan kriminalitas lainnya. Tentu menjadi polisi ada resikonya. Menjadi polisi adalah salah satu usaha yang dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri.

6. Buruh

Buruh pada dasarnya adalah manusia yang menggunakan tenaga dan kemampuannya untuk mendapatkan balasan berupa pendapatan baik secara jasmani maupun rohani. Pada dasarnya buruh dibagi atas 2 klasifikasi besar yaitu buruh professional dan buruh kasar. Buruh professional disebut juga buruh kerah putih biasanya menggunakan tenaga otak dalam bekerja sedangkan buruh kasar atau disebut juga buruh kerah biru menggunakan tenaga otot dalam bekerja.

7. Dokter

Dokter adalah seseorang yang karena keilmuannya berusaha menyembuhkan orang-orang yang sakit. Dokter yang menjadi tempat kontak pertama pasien dengan dokternya untuk menyelesaikan semua masalah kesehatan yang dihadapi tanpa memandang jenis penyakit, organologi, golongan usia, dan jenis kelamin, sedini dan sedapat mungkin, secara menyeluruh, paripurna, bersinambung, dan dalam koordinasi serta kolaborasi dengan profesional kesehatan lainnya, dengan menggunakan prinsip pelayanan yang efektif dan efisien serta menjunjung tinggi tanggung jawab profesional, hukum, etika dan moral. Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya seorang dokter harus menggunakan ilmunya untuk menyembuhkan orang – orang sakit. Uang yang dihasilkan akan ia gunakan unuk kebutuhan rumah tangganya serta kebutuhan pekerjaan contohnya membeli alat – alat kedokteran.

8. Kuli

Kuli berarti pekerja kasar yang memerlukan tenaga dalam mengerjakan tugasnya yang biasanya berat. Ada bermacam – macam jenis kuli diantaranya adalah kuli bangunan. Dalam memenuhi kebutuhan hidupnya seorang kuli bangunan harus bekerja keras membangun suatu rumah atau bangunan. Uang yang dihasilkan cukup untuk memenuhi kebutuhannya. Tetapi menjadi kuli memerlukan tenaga yang cukup banyak dan memerlukan kesehatan jasmani maupun rohani. Tentunya menjadi kuli ada resikonya,. Salah satu resikonya adalah kecelakaan dalam membangun suatu bangunan.

Usaha – usaha tersebut merupakan beberapa contoh dari usaha – usaha manusia lainnya. Kesimpulannya adalah untuk memenuhi kebutuhan hidupnya seorang manusia butuh pengorbanan berupa bekerja agar semua kebutuhan hidupnya terpenuhi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar